Trainer

Leonardus J. E. Nugroho, Ak., CFELeonardus J.E. Nugroho, Ak., CA., CFE., IC-SCM           48 tahun,                                                                            Kepala dan Pendiri LPP Pengadaan Intens.

Akuntan Register Negara dari STAN, Certified Fraud Examiner dari ACFE Austin Texas., International Certified in Supply Chain Management Pemegang Sertifikat Trainer untuk Pelatihan Tingkat Dasar LKPP No. INT 102-A101-1209 dan Sertifikat Trainer untuk Pelatihan Kompetensi Jabatan Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah No.INT102-A201-0312.

Narasumber dan salah satu penyusun RUU Pengadaan versi Masyarakat bersama-sama dengan Civil Society Organisations. Sebagai narsumber dan konsultan penyusunan monitoring masyarakat untuk pengadaan dengan mengunakan komputer (opentender.net) yang menjadikan MoU antara LKPP dengan ICW. Serta public examinator putusan pengadilan tipikor terhadap kasus-kasus pengadaan barang / jasa pemerintah.

Karirnya dimulai sebagai Auditor dan Investigator di BPKP. Pernah bekerja di sebuah Kantor Akuntan Publik di Jakarta. Salah satu pendiri unit Satuan Anti Korupsi dan Manajer Investigasi yang pertama di BRR NAD-Nias, yang melakukan reviu kepatuhan seluruh proses pengadaan barang / jasa  pemerintah sesuai Keppres 80 tahun 2003 di lingkungan BRR NAD-Nias. Pernah bekerja sebagai governance dan anti korupsi adviser di Bappenas untuk program Rancana Aksi Nasional Pemberantasan Korupsi (RAN-PK). Menjadi salah satu konsultan penyusun dokumen blueprint Komisi Yudisial. Pernah juga bekerja sebagai Complaint Handling and Monitoring Specialist di Bank Dunia untuk Proyek PNPM Mandiri Perdesaan, serta menjadi Konsultan Pelatihan persiapan ujian Certified Fraud Examiner untuk KPK dan BPK RI.

Pengalamannya mendesain dan memberikan pelatihan di bidang anti fraud program sejak di BPKP, serta softskill training dibidang peningkatan SDM selama menjadi konsultan, memberikan sentuhan berbeda untuk setiap kelas pelatihan pengadaan yang dibawakannya.

Sejak 2004 telah menghantarkan belasan ribu peserta pelatihan yang dibimbingnya untuk menempuh ujian dan lulus sebagai pemegang Sertifikat Keahlian di Bidang Pengadaan sesuai dengan kurikulum yang diberikan oleh Tim Pengembangan Kebijakan Pengadaan Pemerintah di Bappenas (sekarang bernama LKPP).

Keprihatinannya atas mutu lulusan yang belum siap untuk melaksanakan tugas sebagai personalia pengadaan, menjadi pemicu berdirinya INTENS  yang bertujuan membantu membangun integritas dan kompetensi para insan pengadaan.

Dengan dukungan para teman dan sahabat yang mempunyai cita-cita yang sama maka didesainlah modul-modul pelatihan aplikatif yang dapat digunakan sebagai bekal para insan pengadaan melaksanakan tugas rutin di instansinya.

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-02, INT-03, INT-04, INT-05, INT-06, INT-07, INT-08, INT-09, INT-10, INT-11, INT-12, INT-13, INT-14, INT-15, INT-16, INT-17, INT-18, INT-19

 

DR. can. Agus Sugeng Setiawan, Ak.,MMDr.can.Agus Sugeng Setiawan, Ak., CA., M.M.                  45 tahun.                                                                            Manager of Training danTrainer Pengadaan.

Akuntan Register Negara dari STAN, Kandidat Doktor bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia dari Universitas Negeri Jakarta. Pemegang sertifikat trainer LKPP no INT 260-A101-0910, pemegang Sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk Penerapan dan Sistem Manajemen Mutu Pedoman BNSP 201/ISO17024 – Pedoman BNSP 202, Pemegang Sertifikat Competency Assesor LKPP, Sertifikat Penyusunan Materi Pelatihan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah, serta Akreditor Lembaga Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja.

Memulai karirnya sebagai Auditor di BPKP dan beberapa Kantor Akuntan Publik, pekerjaannya terakhir adalah Kepala Seksi Akreditasi Lembaga-lembaga Pelatihan Pengadaan Barang / Jasa di LKPP. Selain itu latar belakang  pekerjaannya yang lain sebagai akademisi di beberapa perguruan tinggi di Jakarta memberikan sentuhan tersendiri yang bernuansa ilmiah pada kelas yang dibawakannya.

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-02, INT-03, INT-04, INT-05, INT-06, INT-07, INT-08, INT-09, INT-10, INT-11, INT-12, INT-13, INT-14, INT-15, INT-16

 

Edy Moedjijono, BEEdy Moedjijono, BE. 59 tahun,                                       Trainer Pengadaan.

Lulusan Lembaga Politeknik Pekerjaan Umum ITB Jurusan Planologi tahun 1979. Pemegang Sertifikat Trainer Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah no INT 207-A101.0910, serta pemegang sertifikat sebagai Manager of Training dari LKPP.

Praktisi pengadaan pada instansi pemerintah di Kabupaten Jombang sampai dengan masa purna baktinya. Sebagai tenaga teknis pada Dinas Pekerjaan Umum, Kimbangwil dan Bappeda selama 37 tahun, serta latar belakang lainnya sebagai dosen di Fakultas Teknik, merupakan kekayaan tersendiri yang dimiliki oleh LPP Pengadaan Intens karena dalam setiap kelas yang dibawakannya banyak memberikan sentuhan yang bernuansa praktisi, simpel dan mudah dipahami oleh para peserta yang berlatarbelakang praktisi pengadaan.

 Kelas yang diasuh : INT-01, INT-02, INT-03, INT-04, INT-05, INT-06, INT-07, INT-08, INT-09, INT-10, INT-13

 

Isriadi Putranto, STIsriadi Putranto, S.T. 35 tahun,                                            Trainer LPP Pengadaan Intens.

Lulusan Teknik Sipil UGM, pemegang sertifikat trainer LKPP no INT 269-A101- 1210 serta berbagai sertifikat peningkatan kompetensi yang diselenggarakan oleh LKPP diantaranya sebagai Manager of Training, ToT Tingkat Menengah, Asesor Tingkat Menengah, Pendampingan Pengadaan Barang/Jasa, Permasalahan dalam Kontrak Pengadaan Barang/Jasa, E-proc dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Aktif bekerja sebagai Anggota ULP pada salah satu pemerintah daerah. Latar belakangnya sebagai praktisi memberikan pengayaan tersendiri dalam setiap kelas yang kami selenggarakan terutama berkaitan dengan simulasi dalam pengadaan barang/jasa pemerintah. Sebagai PNS yang masih aktif, meluangkan waktu di sela-sela kesibukannya setiap akhir minggu tanpa meninggalkan tugas rutinnya sebagai praktisi pengadaan untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya merupakan poin tersendiri di LPP Intens.

Kelas yang diasuh : INT-01, INT-02, INT-03, INT-04, INT-05, INT-06, INT-07, INT-    08, INT-09, INT-10, INT-13

 

Mohammad Kemal Pasha, SE., MMMohammad Kemal Pasha, S.E., M.M, 40 Tahun.              Trainer Pengadaan

Pemegang Sertifikat Trainer Pengadaan LKPP INT.322-A-101-0511, Sarjana Ekonomi dari Undip, dan Magister Manajemen Pemasaran ini merupakan praktisi di bidang pengadaan yang masih aktif sebagai Kabag Pemeliharaan dan Pengelolaan Aset pada sebuah lembaga pendidikan.

Pemegang Sertifikasi Project Management dari PPM Manajemen, Pemegang Sertifikasi Asessor Sertifikasi dari BNSP,  Pemegang Sertifikat Asesor Asesmen Badan Usaha Professional Certified in Business Entity Assessor dari LPJKN, Pemegang Sertifikat Ahli K3 Penanggulangan Kebakaran / HSE Fire Prevention Specialist dari Depnakertrans, serta Pemegang Sertifikat Professional in Properti Management dari IPMI. Serta pelaku pengadaan sebagai penyedia barang/jasa pemerintah.

Keahlian dan pengalamannya sebagai praktisi di bidang sebagai pemberi kerja maupun sebagai rekanan, merupakan hal yang akan dibagikan kepada para peserta pelatihan dari perspektif yang berbeda.

Kelas yang diasuh: INT-01, INT-02, INT-03

 

Ir. H. Almizan Abdullah, MSEEIr. H. Almizan Abdullah, MSEE. 81 tahun,                   Trainer Manajemen Proyek. 

Lulusan Teknik Elektro FTUI/ITB tahun 1959, dan Master of Science in Electrical Engineering dari Virginia Polytechnic Institute, USA tahun 1960 ini mempunyai bergudang-gudang pengalaman yang patut digali dan ditimba oleh seluruh peserta pelatihan. Post Graduate in Electrical Engineering dari Illionis Institute of Technology Chicago USA tahun 1962 dan Regional Course on Nuclear Power Planning dari Kernn Forschung, Jerman tahun 1976.

Latar belakang pendidikan yang sangat spesial pada jamannya telah menghantarkan menjadi Pemimpin Proyek Bendungan dan PLTA Karang Kates tahun 1968-1975, dilanjutkan dengan perjalanan karir yang sangat panjang sebagai Pemimpin Umum Proyek Brantas, Direktur Utama PT Brantas Abipraya, Dekan Fakultas Teknik Industri Institut Teknologi Nasional Malang, Konsultan Engneering, Dosen dan Anggota Senat ITN Malang, Pimpro Kampus II ITN Malang, Ketua PusatPeningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional ITN Malang, AnggotaBadan Pengurus Harian ITN Malang sampai dengan saat ini.

Pengalamannya yang panjang sebagai praktisi pengadaan serta pengajar di perguruan tinggi merupakan kakayaan tersendiri yang dimiliki oleh LPP Pengadaan Intens untuk dibagikan kepada para peserta pelatihan.

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-03, INT-05, INT-06, INT-07, INT-08

 

Haryono Adi Prasetyo, Ak., CPA, CFEHaryono Adi Prasetyo Ak., CPA., CFE. 48 tahun,    Trainer Audit Pengadaan.

Akuntan Register Negara dari STAN, pemegang sertifikat Akuntan Publik dan Fraud Examiner dari ACFE di Austin Texas.

Pernah bekerja sebagai Auditor di BPKP, sekarang memimpin Kantor Akuntan Publik Haryono Adi Prasetyo. Pengalamannya yang teakhir sebagai Tenaga Ahli Penyusun Pedoman Audit Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di LKPP tahun 2011, dan konsultan USAID untuk Proyek Penguatan Integritas dan Akuntabilitas pada BPK-RI. Serta anggota Komite Pemantau Risiko dan Komite Audit pada PT Bank Swadesi Tbk. Latar belakangnya sebagai penyusun pedoman audit pengadaan dan auditor baik di BPKP maupun di Kantor Akuntan Publik yang dipimpinnya, merupakan keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh LPP Pengadaan Intens dalam menghantarkan para peserta memahami dan mampu melakukan audit di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-03, INT-11, INT-12, INT-14, INT-15, INT-16

 

Ir. Idi WidodoIr. Idi Widodo, 67 tahun,                                                       Trainer Manajemen Proyek.

Lulusan Teknik Sipil Jurusan Hidroteknik ITS tahun 1998.

Latar belakang pekerjaan khususnya adalah di pekerjaan tanah serta pekerjaan pemindahan tanah secara mekanis (PTM). Meniti karirnya sejak 1970 di proyek serbaguna Kali Brantas yang kantornya terletak / berada di kota Malang Jawa Timur. Pengalaman pertamanya dimulai dari pelaksanaan pekerjaan relokasi jalan raya di Proyek Bendungan Seloredjo, Ngantang Malang di Jawa Timur,  kemudian berlanjut pada pekerjaan-pekerjaan konstruksi, khususnya pembangunan bendungan besar (waduk) dan sebagai pelaksana utama di proyek-proyek : Dam Lengkong Baru di Mojokerto, bendungan Wlingi Raya di Blitar, bendungan Kali Bening (Widas) di Nganjuk, serta menjadi Manajer Proyek Semen Madura, Steam Power Plant (PLTU) di Gresik. Semua proyek-proyek tersebut di wilayah Jawa Timur serta Dam (waduk) Manggar di Kalimantan Timur.

Sejak tahun 1985 – 1992 mengepalai bagian program dan pemasaran Brantas Abipraya (persero) General Contractor di Jakarta, dan mengakhiri kariernya sebagai pegawai negeri sipil (PNS)  pada Biro Sarana Perusahaan (BSP) di Kementrian Pekerjaan Umum. Pada tahun 1997 beliau menjalani masa pensiun.

Pengalamannya yang panjang sebagai praktisi menjadikannya narasumber terapan dalam setiap pelatihan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan lingkup yang menyangkut pekerjaan konstruksi yang bekerjasama dengan “GAPENSI” sejak tahun 1990 sampai dengan tahun 2010

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-03, INT-05, INT-06, INT-07, INT-08, INT-15

 

Drs. Aca Sukarsyah Hassan, QIP, CCL, AAAI-JDrs. Aca Sukarsyah Hassan, QIP, CCL, AAAI-J.           59 tahun.                                                                    Trainer Risk Management.

Pemegang sertifikat Qualified Insurance Practitioner dan Cerficate Corporate Leadership serta Ajun Ahli Asuransi Indonesia – Jiwa.

Pengalaman sebagai Mantan Corporate Secretary pada PT Asuransi Jiwasraya, pemegang Sertifikat Ahli Pengadaan yang kemudian menjadi praktisi sebagai Kepala Divisi Umum dan Logistik. Berperan membagikan pengalamannya sebagai praktisi pengelola risiko dalam pengadaan barang/jasa dan memperkenalkan kepada peserta jenis-jenis asuransi yang dapat dijadikan payung sebagai pelindung atas risiko yang mungkin timbul dalam proses pengadaan barang/jasa  pemerintah. Pengalamannya yang unik memberikan warna tersendiri dalam kelas pelatihan yang kami selenggarakan.

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-03, INT-11, INT-12, INT-14, INT-15, INT-16

 

DR. can, Endang Moerdopo, MSi, C.Ht.Dr. Endang Moerdopo, MSi., C.Ht., 46 tahun,               Divisi Litbang, Trainer Soft Skill.

Certifeid Hypnotherapist, magister ilmu kesejahteraan sosial dan kandidat doktor ilmu kesejahteraan sosial dari Universitas Indonesia, penulis dan peneliti masalah sosial. Salah satu karya tulisan yang telah diterbitkan sebagai novel berlatar belakang sejarah adalah “Perempuan Keumala” oleh kelompok Grasindo.

Aktif sebagai tenaga pendidikan dan pelatihan, pernah menjadi konsultan pendirian Universitas Pembangunan Jaya, Ketua Jurusan Public Relation Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Indonusa Esa Unggul, Kepala Pengembangan dan Evaluasi Pusat Pembelajaran BRR NAD-Nias pada Deputi Kelembagaan. Manajer Pendidikan Satuan Anti Korupsi BRR NAD-Nias, Executive Trainer Konsutan SDM, Social Researcher Van der Horse Singapore, Social Researcher for Recreation Development PT Pembangunan Jaya Ancol.

Berbagai penelitian yang panjang membawanya pada bidang yang berkaitan dengan pemulihan trauma, salah satu penelitiannya menjadi thesis S2-nya pada Magister Kekhususan Ilmu Kesejahteraan Sosial di FISIP UI pada tahun 2007 dengan judul: Tahapan Proses Pemulihan Trauma pada Pengungsi Anak Pasca Bencana di Nangroe Aceh Darussalam, yang awalnya dimulai dari penelitian Pengaruh Kegiatan Mendongeng terhadap Pemulihan Trauma pada Pengungsi Anak Pasca Bencana Tsunami di Nangroe Aceh Darussalam (2005). Bahkan kemudian metode terapi berkembang melalui tarian, yang dijadikan bahan disertasi program S3-nya di UI dengan judul “Model Terapi Tari Bali sebagai Metode Intervensi Sosial dalam Penanganan Korban Kekerasan Seksual dalam Rumah Tangga (Studi Kasus pada Keluarga NS, di Kabupaten Gianyar, Bali).

Berdasarkan berbagai penelitian dan praktik pemulihan trauma, teknik yang paling mudah dibagikan kepada orang lain adalah dengan menggunakan hypnotherapy. Bagi para peserta pelatihan pengalaman tersebut dapat dijadikan bekal yang baik untuk membantu peningkatan kinerja, membangun kepercayaan diri bekerja, membuang hambatan mental, serta dapat menolong diri sendiri dalam rangka pemulihan trauma para insan pengadaan pasca mengalami peristiwa hukum yang mengganggu ketenangan bekerja – seperti pernah dipanggil penegak hukum karena diduga melakukan pelanggaran dalam praktik pengadaan. Kemampuan mengembalikan kepercayaan diri untuk bekerja kembali merupakan hal yang dapat digali dan dikembangkan dari pengalaman penelitian dan praktik terapinya.

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-03, INT-17, INT-18, INT-19

 

Maryanto Makhdori, SE, Ak.Maryanto Makhdori, S.E., Ak., M.M. 49 tahun,                Trainer Risk Management

Akuntan dari Universitas Indonesia. Memperoleh pendidikan khusus dibidang Risk Based Audit di Arthur Andersen Philipines, dan Risk Management di Arthur Andersen Center for Professional Education di St Charles Illionis, USA tahun 2001, Financial Risk Management di Perbanas Jakarta tahun 2005, Good Corporate Governance di Pusdiklatwas BPKP selama 2 tahun berturut-turut 2004-2006, Performance Assessment Technique (PAT) tahun 2007, Investigative Audit di Elnusa tahun 2009 serta ISO 31000: Risk Management Including Business Continuity Management di Kuala Lumpur Malaysia pada tahun 2010, menjadikannya spesialist di bidang Management Risiko.

Saat ini menjadi Departement Head of Risk Management di sebuah perusahaan Energi yang telah listing di bursa.

Mantan auditor BPKP dan satgas khusus Risk Management BPKP. Latar belakang pengalamanya sebagai auditor dan praktisi langsung di bidang Manajemen Risiko merupakan hal langka yang menjadikan setiap kelas yang diasuhnya menjadi hal yang sangat menarik, terutama untuk mengukur besarnya risiko setiap pekerjaan yang dilelangkan dari sisi pemberi kerja atau sebaliknya apakah suatu pekerjaan akan ditawar atau tidak sebelum mengikuti pelelangan dari sisi peserta lelang.

Kelas yang diasuh :  INT-01, INT-03, INT-10, INT-11, INT-12, INT-14, INT-15

 

Drs. Sudiyono AkDrs. Sudiyono Ak., 74 tahun,                                             Trainer Audit Pengadaan

Akuntan Register Negara, mantan Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), memulai karirnya di Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara, Departemen Keuangan pada tahun 1962 dan mengakhiri karirnya sebagai PNS di BPKP Perwakilan Luar Negeri pada Kedutaan Republik Indonesia di Bonn Jerman pada tahun 1993-1996. Meniti karir mulai dari Pembantu Akuntan, Ajun Akuntan, Akuntan, Kepala Seksi, Kepala Bidang dan Kasubdit di BPKP mulai dari Perwakilan BPKP di Surabaya, Semarang, Ujung Pandang dan di Kantor Pusat di Jakarta.

Sejak pensiun dari PNS, kegiatannya diisi dengan hal-hal yang bersifat kewirausahaan, menjadi Direktur Keuangan perusahaan ekportir di Jawa Tengah dan mulai tahun 2005 sampai dengan saat ini menjadi Auditor pada Lembaga Pembina Pengawas Keuangan pada Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta.

Pengalamannya yang sangat banyak dan bervariasi merupakan hal yang perlu dibagikan kepada para Auditor Pemerintah yang saat ini masih aktif menggeluti profesinya.

Kelas yang diasuh: INT-11, INT-12

 

Petrus Damianus Daswanto, S.Fil.Petrus Damianus Daswanto, S.Fil., 48 Tahun                   Soft Skill Trainer

Harta kekayaan tak terkira nilainya yang dimiliki manusia adalah kemampuannya berpikir. Pikiran bisa mengubah apapun yang diinginkan oleh pikiran. Pikiran adalah kekuatan luar biasa yang dimiliki setiap orang untuk mengubah dirinya menjadi apa yang dikehendaki dalam hidupnya.

Petrus Damianus Daswanto, adalah salah satu Sarjana Filsafat dari Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, dimana ia menghabiskan waktunya secara intens untuk mempelajari logika, sejarah pemikiran dunia, antropologi, sosiologi, psikologi epistemologi, teologi, budaya bangsa-bangsa, sisitem religi dan spiritualitas yang telah berkontribusi dalam semua bentuk peradaban yang ada di muka bumi ini. Selama studinya di STF Driyarkara itulah Petrus memiliki pengetahuan dan ketrampilan tinggi, berpandangan luas, mampu berpikir rasional, mendasar, kreatif dan kritis, memiliki prinsip hidup kuat, serta kepribadian dan sikap mental yang matang dan menarik.

Filsafat telah menjadi bekal baginya untuk menjalani hidup kesehariannya, dan telah menjadi dasar dalam memecahkan setiap masalah, dalam menentukan pilihan pilihan hidupnya, dalam karir dan dalam bisnis yang dikembangkannya, dan dalam program-program pelatihan pengembangan dan penguatan kapasitas diri. Petrus sangat berkeyakinan bahwa kondisi diri seseorang apa adanya sekarang ini adalah representasi dari cara berpikirnya yang telah terbentuk dan diyakininya selama ini baik yang disadari maupun yang tidak disadarinya.  Hambatan kesuksesan dalam sejarah keberhasilan seseorang sangat sering disebabkan oleh mental blokcing, atau ketidakmampuan seseorang mengendalikan dan mengelola aspek mental (pikiran dan emosi) yang mestinya bisa menunjukkan semua jalan keluar dari setiap hambatan dan masalah yang dialaminya apabila mengetahui kuncinya.

Sistem pendidikan yang dikenyam masyarakat selama ini lebih banyak mengajarkan untuk menemukan satu jawaban benar atas satu pertanyaan yang spesifik, padahal kenyataan hidup memiliki sifat-sifat yang ambigu. Dan ternyata hidup ini tidak saja ambigu, tetapi juga sering tidak logis, yang membutuhkan kemampuan dan ketrampilan untuk berpikir kreatif sehingga menemukan ide ide baru yang inovatif. Kelenturan dan keterbukaan untuk dan pada pikiran-pikiran baru akan membawa seseorang terbebas dari situasi tersudut yang terstruktur, yang seolah tak ada jalan keluar. Untuk itu diperlukan kemampuan pikiran untuk bermain imajinasi sebagai “alat” untuk melahirkan perubahan perubahan dari situasi yang menghambat perkembangan seseorang.

Seluruh latar belakang diri seseorang telah mengkristal dalam sistem mental, yang ujungnya dirasakan seseorang yang diukur dengan penilaian berhasil atau gagal, kecewa atau puas, kebahagiaan atau kepahitan seseorang dalam kenyataan hidupnya. Adakah jalan keluar dari hambatan mental yang dialami setiap orang? Berikut ini adalah sejumlah program pelatihan pengembangan diri yang dikemas dalam beberapa modul meliputi Mind Management, Emotional Management, Work Ethos, Leadership, Creative Problem Solving.

Kelas yang diasuh : INT-17, INT-18

 

Drs. Iskak, Ak., M.Si.Drs. Iskak, Ak., M.Si., 64 tahun,                                    Trainer Audit Pengadaan

Akuntan Register Negara dan Magister Administrasi Publik UGM, mantan Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), memulai karirnya sebagai PNS pada Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara Departemen Keuangan pada tahun 1975 di Surabaya. Meniti karirnya secara berjenjang di BPKP Perwakilan Kendari, Pontianak, dan di Yogyakarta.

Pernah diperbantukan pada Satuan Anti Korupsi di Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi NAD-Nias pasca Trunami mulai tahun 2005, kemudian menjadi Auditor pada Deputi Pengawasan BRR NAD-Nias. Sejak tahun 2009 sampai saat ini bekerja sebagai Anggota Lembaga Pembina dan Pengawas Keuangan (LPPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta.

Pengalaman yang panjang sebagai praktisi audit akan memberikan warna tersendiri dalam setiap kelas yang dibawakannya.

Kelas yang diasuh: INT-11, INT-12

 

Lugito, SE, MMLugito, S.E., M.M, 62 tahun.                                             Trainer Audit Pengadaan

Mantan Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, mulai karirnya pada tahun 1978 di Kantor Akuntan Negara Yogyakarta, BPKP Perwakilan Surabaya, dan sampai purna tugasnya di BPKP Perwakilan Yogjakarta pada tahun 2009. Mulai tahun 2010 sampai dengan saat ini menjadi Auditor pada Lembaga Pembina dan Pengawas Keuangan (LPPK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta.

Pengalamannya di bidang penerapan Good Corporate Governance, Pengelolaan Proyek Pemerintah, Pengelolaan Barang serta Perhitungan Kerugian Keuangan Negara pada Perkara Tindak Pidana Korupsi akan memberikan sentuhan yang berbeda dalam setiap kelas yang dibawakannya

Kelas yang diasuh: INT-11, INT-12

 

Bp TUMAIDITumaidi, S.E., M.S.A, 67 tahun,                                               Trainer Audit Pengadaan

Inspektur Keuangan Negara, mantan Auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), memulai karirnya di Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pengawasan Keuangan Negara, Departeman Keuangan pada tahun 1976 di Samarinda kemudian pindah ke Perwakilan BPKP di Surabaya dan Denpasar. Mengakhiri karirnya sebagai Auditor BPKP di Surabaya pada tahun 2004.

Selain menjadi auditor pemerintah, pernah juga menjadi dosen pada beberapa perguruan tinggi di Surabaya dengan domain audit serta keuangan negara.

Saat ini pun masih bekerja sebagai Auditor pada Lembaga Pembina Pengawas Keuangan pada Pimpinan Pusat Muhammadiyad di Yogyakarta.

Segudang pengalamannya di bidang audit dan keuangan negara merupakan hal yang perlu dibagikan kepada para Auditor pada instansi pemerintah yang masih aktif mengemban tugas.

Kelas yang diasuh: INT-11, INT-12

 

Muhammaad Fuad, SEMohamad Fuad, S.E., 51 tahun,                                     Trainer Audit Pengadaan

Mantan Auditor di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), memulai karirnya sebagai auditor di Perwakilan BPKP Propinsi Sumatera Selatan pada tahun 1987 selama 8 tahun. Kegiatan audit yang digelutinya meliputi audit pada Pertamina Wilayah Sumbagsel, PT.Timah Belitung, PLN Wilayah IV Sumbagsel dan Pemerintah-pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Selatan.

Sejak tahun 1995 mutasi di Perwakilan BPKP Propinsi DKI Jakarta selama 7 tahun dan menggeluti audit pada Program Optimalisasi Penerimaan Negara di Departemen Kehutanan, Fasilitas Bapeksta,  Pemda DKI Jakarta, Diperbantukan pada Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dan Kejaksaan Tinggi Jakarta, melakukan Audit Pinjaman Pada Proyek di Kementerian Agama, serta pernah menjadi Tim Tipikor di Polda Metro Jaya.

Pada tahun 2003 mengundurkan diri dari PNS dan bekerja sebagai Direktur Keuangan pada sebuah perusahaan Airlines sampai dengan tahun 2010.

Pemegang Sertifikat Konsultan Pajak B sejak tahun 2002, saat ini bekerja sebagai konsultan dan trainer di bidang akuntansi, keuangan, dan audit. Pengalamannya yang panjang sebagai auditor pemerintah serta praktisi / Chief Financial Officer di perusahaan swasta memberikan warna tersendiri serta  menjadikan setiap kelas yang diberikannya tidak melulu pada aspek teori namun juga dekat pada sisi praktik di lapangan.

Kelas yang diasuh: INT-11, INT-12